PENGENALAN PAJAK PADA PELAJAR

Direktorat Jenderal Pajak (DJP) terus berusaha untuk mensosialisasikan mengenai perpajakan melalui berbagai media. Sosilaisasi melalui Radio, Televisi dan Spanduk serta penyuluhan yang dilaksanakan secara langsung merupakan beberapa media yang digunakan. Salah satu bentuk penyuluhan secara langsung adalah dengan masuk ke sekolah-sekolah, target dari penyuluhan ini adalah Calon Wajib Pajak yaitu siswa Sekolah Menengah.



Salah satu alasan Dirjen Pajak melakukan sosialisasi ke SMA Negeri 1 Pangandaran karena SMA Negeri 1 Pangandaran adalah SMA percontohan yang ada di Kabupaten pangandaran. Acara penyuluhan kali ini pun cukup antusias diikuti oleh para siswa. Banyak dari siswa yang tadinya tidak tau tentang perpajakan menjadi tau betapa pentingnya pakjak bagi sebuah Negara. Waktu yang diberikan pun sepertinya tidak cukup untuk menjelaskan dan menjawab pertanyaan para siswa. Apalagi dengan adanya doorprize yang diberikan pada siswa yang aktif dan bisa menjawab pertanyaan dengan benar siswa menjadi lebih berani bertanya dan menjawab pertanyaan. Semoga kerja sama ini dapat diikuti dengan sekolah-sekolah lain.

Sejak awal disadari bahwa para siswa, khususnya siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dan yang sederajat, merupakan para tunas bangsa yang nantinya akan menggantikan peran generasi kini dalam pembangunan bangsa. Oleh karena itu, pemberian materi perpajakan sangat dibutuhkan untuk memahamkan para tunas bangsa ini dalam memahami salah satu bentuk kewajiban bela negara, yakni membayar pajak. Dengan pemahaman lebih dini, diharapkan nantinya para tunas bangsa tersebut dapat menjadi Wajib Pajak patuh di masa mendatang, sehingga meningkatkan penerimaan negara dari sektor perpajakan. Ke depan, DJP tengah menyiapkan upaya terkait masuknya materi perpajakan dalam kurikulum pendidikan siswa. Apabila hal ini dapat dilaksanakan, akan sangat membantu upaya pemerintah dalam mewujudkan masyarakat yang sadar dan peduli pajak

Print Friendly, PDF & Email

One Reply to “PENGENALAN PAJAK PADA PELAJAR”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *